Blog-Zine SOBAT Muda

Cerdas dan Kreatif [edisi blog-zine dari Majalah Remaja SOBAT Muda]

Cewek Di Mata Cowok

Bener nih cowok lebih ngutamain fisik kala menilai cewek? Sejauh mana? Apa bener kepribadian jadi nggak penting?Mata, mata, mata, matanya lelaki

Kadang suka kadang ngeri dibuatnya

(Mata Lelaki, Nicky Astria)

Entah ini kenyataan yang bikin gembira atau sedih buat kaum Hawa, bahwa penampilan cewek ternyata memikat perhatian kaum cowok at first sight. Seenggaknya ini pengakuan Aji, “Buat cowok, pertama kali yang dinilai dari seorang cewek ya penampilannya.” Menurut cowok putih yang miara jenggot wajah atawa kecantikan emang jadi yang paling dominan jadi perhatian. Selain Aji, komentar yang sama juga datang dari Nano. Bujangan yang wiraswastawan ini seperti mengamini pendapat Aji. Ia paling suka ngeliat cewek yang kulitnya putih dan rambutnya panjang lurus. Duile, abis di-rebonding?

Boyz, ini nggak cuma pendapat segelintir cowok, tapi umumnya demikian. Mata cowok bakal jelalatan begitu ngeliat mahluk feminin yang ‘macan’, manis-cantik. Kepala mereka bisa ampe miring-miring demi pemandangan indah tersebut. Ini juga artinya mereka – lewat pandangan pertama — bakal ‘mengeliminasi’ para cewek yang penampilannya ‘biasa-biasa’ aja, apalagi yang di bawah standar (jangan sewot, galz). Gawatnya lagi, nggak sedikit kaum cowok yang sampe blinded, jadi ‘buta’ dalam urusan nyari cewek semata ngeliat fisik belaka.

Eksploitasi Kecantikan

Boyz, tahukah kamu, tabiat dasar cowok yang seneng ama cewek cakep ternyata dimanfaatin betul oleh sebagian orang yang kagak bertanggung jawab. Coba aja perhatiin, hampir semua kantor mensyaratkankaryawatinya kudu berpenampilan ‘menarik’. Nah, menarik ini kan kagak jelas. Tapi pastinya untuk jadi front office (FO), SPG (Stand Promotion Girl), pramuniaga, sampai sekretaris selalu yang jadi prioritas adalah kecantikan dan bentuk tubuh. Belum ada kan nenek-nenek jadi FO atau SPG. Dagang rokok ampe mobil aja pasti ditongkrongin cewek yang cakep. Tujuannya jelas, menjadi daya tarik konsumen, terutama bagi yang cowok.

Repotnya lagi, ada sebagian cewek yang juga senang jadi pusat perhatian. Mereka nggak segan-segan tampil atraktif. Bisa dengan polesan kosmetik, parfum, atau pakaian yang seronok. Mereka ngeh banget kalau sisi penampilan adalah yang pertama kali diliat oleh kaum Adam. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Yang cowok matanya jelalatan, yang cewek suka cari perhatian.

Nah, ini yang kemudian dieksploitasi abis-abisan oleh para kapitalis. Mereka sadar betul kalau kecantikan itu komoditi yang laris manis dijual. Adanya kontes kecantikan atau ajang pemilihan model kan ide orisinilnya adalah menjual kecantikan. Hanya supaya nggak dibilang kebangetan diimbuhi label beauty & brain. Padahal sih, dagangan pokoknya tetap kecantikan.

Dengan merebaknya gaya hidup hedonis, yang ngutamain kesenangan fisik, penampilan jelas makin penting. Buat mereka, ukuran terpuji dan tercela-nya adalah apa yang dirasa nyaman oleh indera dan pikiran semata. Hedonisme ini sudah jadi hukum opini buat banyak orang. Saking kuatnya pengaruh hedonis ini, menilai lawan jenis pun selalu berdasarkan penampilan. Please, deh!

Jaga Pandangan

“Wah, mubazir kalau kagak diliat,” celetuk Adin yang masih kuliah di satu PTS di Bogor. Kayaknya gitu tuh omongan para boyz saat ngeliat ‘barang’ bagus. Kalaupun nggak sampai jelalatan minimal matanya ngintip lewat kerlingan mata. Apalagi kalau ceweknya juga ‘ngejual’. Wajah yang cantik, bodi yang semlohai bin eplok cendol, tampil atraktif memikat perhatian cowok.

Boyz, suka dengan cewek yang cute apalagi fisiknya cool, itu memang sah-sah aja. Cowok mana seh yang nggak suka. Semua suka, boyz! Tapi kagak bisa dong kita berbuat cuma berdasarkan suka atau nggak suka. Kalau itu yang terjadi ancur deh pergaulan pria dengan wanita. Ngebiarin mata jelalatan juga bukan perbuatan yang positif. Selain ngerusak pikiran, pastinya dosa. Allah Ta’ala berfirman:

“Katakanlah pada orang-orang beriman, ‘tundukkanlah sebagian pandangan mereka dan jagalah kemaluan mereka’, itu lebih suci dari mereka,”(An Nuur:30)

Pandangan juga bikin pikiran jadi nggak karuan. Bukankah setelah ngeliat cewek cakep pikiran jadi ngebayangin yang nggak-nggak. Padahal belum tentu itu cewek mau sama kita. Artinya kita udah buang-buang pikiran untuk hal yang nggak berguna. Kita mikirin dia, padahal dianya belum tentu mikirin kita. Rugi banget, bro! Nggak salah kalau Rasulullah menyebut pandangan macam itu sebagai zina mata.

“Anak Adam tidak bisa melepaskan diri dari zina. Zinanya mata adalah dengan memandang …”

Allright boyz, selametin deh pandangan dan pikiranmu dari hal-hal yang negatif. Caranya? Ikuti tips-tips di bawah ini.

  • Nggak memandang aurat wanita. Inget boyz, seluruh tubuh wanita adalah haram kecuali muka dan telapak tangannya. So, palingkan pandangan dari selain keduanya. Terserah, mau merem (asal jangan merem-melek), mau berpaling, mau nunduk, whatever yang penting nggak ngeliat.
  • Memandang muka dan telapak tangan nggak dengan syahwat. Meski oke-oke aja memandang keduanya, tapi nggak boleh dengan syahwat. Kalau dengan syahwat jelas haram. Apa sih batasan syahwat? Menurut sebagian ulama syahwat itu ditandai dengan adanya nafsu atau kecenderungan seksual seperti ereksi, baik sedikit ataupun banyak. Gampangnya, kalau ngeliat monyet kita nggak nafsu kan? He…he…he…
  • Memandang wanita pada auratnya hanya boleh dalam lamaran. Rasulullah saw. mengizinkan pria untuk melihat wanita seutuhnya yakni saat akan melamar. Mereka boleh melihat selain muka dan telapak tangan. Meski ini juga terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada sebagian ulama yang tetap mengharamkan melihat selain muka dan telapak tangan.
  • Wanita mahram boleh membuka jilbabnya. Kalau kamu baca surat An Nur ayat …, maka itulah kelompok wanita yang termasuk mahram. Para wanita yang mahram ini diizinkan syara’ untuk membuka jilbab dan kerudungnya di hadapan pria mahramnya.

Pribadi Lebih Utama

Don’t judge the book by its color, kata pepatah. Jangan nilai orang dari penampilan. Bener banget, penampilan seringkali menipu. Ibarat buku, ada yang keren sampulnya doang. Isinya sih nggak bermutu. Nah, begitu juga kalau kita menilai pribadi cewek dari penampilan, bisa-bisa kejebak. Aji dan Nano juga mengakui hal itu. Meski mereka berdua pengen punya pasangan (istri) yang tampilannya keren punya, tetep aja mereka mikirin kepribadian. “Kalau parasnya cantik tapi nggak solehah, ya bisa berabe,” kata Aji.

Kalau dapat pasangan yang fisiknya ‘standar’? “Ya, terima dong. Itu kan udah takdir dari Allah, yang penting salehah,” kata Nano kalem. Shadaqta. Allah SWT. udah ngasih kita peringatan soal yang satu ini. FirmanNya:

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian, adalah yang paling bertakwa di sisi Allah.”(Al Hujurat:13)

Kata Nabi saw, kalau kita memilih pasangan hidup karena agamanya, maka kecantikannya, keturunannya yang baik, dan kekayaannya niscaya akan datang. Nah, jangan deh liat perempuan dari penampilannya doang. Salah-salah bisa ketipu.[januar]

=== boks I

Kata cewek:

Waspadai Cowok ‘Gatel’!

Nita, mahasiswi PTS Bogor

Supaya adil, kita juga kudu simak komentar dari kaum akhwat soal yang satu ini. Yuk, kita simak!

“Emang kalau cowok menilai cewek pasti penampilan dulu yang diliat. Soalnya kalau kepribadiannya kan harus kenal dulu. Soal cewek jaga penampilan semua cewek juga gitu. Apalagi kalau ada cowok yang cute yang lagi diincer.

Kadang-kadang ada juga cowok yang jelalatan ngeliatin gue. Suer, bukannya bangga gue malah risih kalau diliatin cowok kayak begitu. Apalagi kalau udah panggil-panggil, sebel banget.

Menurut gue sih kalau ada cowok yang lebih mentingin penampilan cewek ketimbang kepribadian, pasti tuh cowok cuma iseng doang. Pastinya cowok juga males ngedeketin cewek yang pribadinya nggak bener, kecuali cowonya emang ‘gatel’.” [januar]

15 comments on “Cewek Di Mata Cowok

  1. ZeN
    Rabu, 28 November 2007

    YuPZT……
    gUa cew asli…
    PenazAran Ne….kenApaaaaaaaa gitchU loCh Cow Suka bagt Godain Cew?????Yaa miSlna klo pas Lg djln suit-suit gtu…..Wah ntar bisA jadi THE GREAT MONYONG BOY looooooooooooooh…heeeeeeee

  2. ZeN
    Rabu, 28 November 2007

    wuish it’s Me the 1st visiter…….plok plok plok

  3. al's feliz
    Selasa, 17 Juni 2008

    cowok2 emang keganjenaaaaaannnnn!!!!
    sbeeeelllll,,,,,knpa kok ada makhluk bernama cwokk????

  4. nita-STTD
    Kamis, 7 Agustus 2008

    gw 100% cewek.
    gw bisa ngerti apa yang ada difikiran cowok. itu sebabnya mengapa gw berusaha sebisa mungkin supaya cowok lebih melihat ke kepribadian gw, dari pada menarik perhatian cowok untuk melihat bagaimana penampilan gw. sebagai cewk, gimanapun penampilan emang harus dijaga.. tapi bukan berarti harus membuat cowok jadi berfikir negatif tentang penampilan kita. gw lebih suka berpenampilan apa adanya dan terlihat sopan. semakin sopan kita, gw rasa cowok yang bermata liar akan berfikir berkali-kali untuk menggoda kita

  5. Junaidi Karo Karo Kacaribu
    Selasa, 2 September 2008

    lumayan kreatif tulisannya
    gw copy yach………….

  6. Ping-balik: My Blog » Blog Archive » jomlo muda

  7. nizzzzzz
    Sabtu, 25 Oktober 2008

    gwe setuju tuuuuh……kalo liat fisiknya doank mah bisa dipastiin tuh cowo’ cuma iseng….. so buat cewe2 jangan malah bangga kalo di’suit-suit’in ama cowo…..

  8. lea,Aje!
    Selasa, 27 Januari 2009

    Dari semua yang gw alamin..
    Em, em!
    gw belajar banyaaaaaaaakkkk banget untuk pacaran atau enggak,ya??* :/
    sekarang..
    makanya,
    agak”LieUr” ngadepin orang yang lg “getOl”PDKT, nich!(jd GR,khehehe..)

  9. lea,Aje!
    Selasa, 27 Januari 2009

    untuk Cowok usil???
    hmmmm,,belom pernah denger klo kutukan hidung panjang itu GAk cuma untuk Pinokio???* dan untuk Cowok2 usil, kali ini mulutnya beneran Panjang???*
    HADuh!
    ati-ati aja*

    (rasanya emang mau Ngelindes! aja pake BULDOZER bwt tu Cow2 usil*
    biar TIPIS! sekalian kayak emping**)

  10. osheexcella01
    Senin, 9 Maret 2009

    tulisannya lucu n unik…tapi cukp NEMBAK ke sasaran…keep it up!!!

  11. ana shalihah
    Kamis, 12 Maret 2009

    cowok-cowok jelalatan memang nyebelin, ga bisa liat cewek cantik dikit aja matanya kesana kemari…jangankan ngelirik cewek yang buka-bukaan, yang udah menutup aurat juga dilirik, tapi agak beda gaya sih….kasihan si akhwat yang sudah istiqomah menutup auratnya jadi risih bin mangkel….. cowok model gini kadang-kadang emang harus ditegasin biar ngga macem-macem. kalau ana sih tipe yang suka to the point, kalau udah ga sopan, langsung aja ngomong di tempat, kalau si cowok itu kurang ajar… biasanya sih bisa dengan bahasa sindiran tapi halus, langsung skak mat.. sejak itu sang cowok ga berani macam-macam lagi…
    akhwat memang harus pinter-pinter jaga diri, kalau qt ga tegas dengan orang yang iseng qt akan dianggap remeh oleh orang lain…. buktikan dong kalau akhwat itu bedaaa…..

  12. ecen23
    Rabu, 11 November 2009

    Saatnya cowok berkata :
    Kadang semua itu dari hasrat,ada pula karena naluri yang turun temurun. Tapi karena itu cowok 90% gampang jenuh, dan semaunya. Tapi gak semua kayak gitu.
    He,he,he, (kabur)

  13. Zn
    Kamis, 1 April 2010

    DsaRRrrrrrrrrrrrrr..
    ternyta cow it kbnykan yg munafik ya gIRL

  14. rien
    Jumat, 9 April 2010

    setujuuuu …
    kecantikan & ketampanan makhluk didunia tdk akan abadi . .
    yg abadi itu diakherat . .
    dunia mudah basi, akherat gak akan basi 2x . .

  15. anin ank k0eudoeuss
    Senin, 12 April 2010

    yaw bnr kta kalian smua,cowk zaman ckrng m4ng gk d4 y9 reb3z sk4 c3wk cm4 dri intr4 beauty cri don9 y9 inner beauty…..towh prcm4 jg klo tmpng doang y9 cak3p tpi htinx gk c4kp nt4r ny3sel l9i3,cory y4w bu4t smu4 cowk,q cm4 pingin kali4n sadarrr j4,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Sabtu, 2 Oktober 2004 by in Cowok Only.
%d bloggers like this: