Browser Hijacking

Yang suka berselancar di dunia maya, pastinya sering nemuin hal-hal aneh dan ngeselin kalo lagi buka situs tertentu. Kadang-kadang muncul situ syerem. Nah lho, gimana tuh?Pernah dengar istilah Browser Hijacking? Yup, Browser Hijaking merupakan suatu kondisi dimana setting browser (umumnya Internet Explorer-IE) dari komputer pengguna secara paksa untuk membuka website atau software tertentu yang itu akan memodifikasi setting browser yang kita pake, utamanya IE homepage dan search page.

Kadang internet shortcut baru ditambahin ke folder favorite kamu, eh, tanpa permisi dulu malah nyelonong ke situs be-rating “xxx” (Hehehe padahal kita nggak niat tuh!). Biasanya ini bertujuan agar kita mengunjungi situs mereka sehingga rating yang mereka punya naik. Ini biasanya untuk kepentingan iklan mereka, tentunya semakin banyak pengunjung, maka pendapatan iklan mereka semakin besar. Nah, yang bikin susah dari browser hijack ini ialah sama sekali tidak terdeteksi oleh antivirus secanggih apapun, bahkan oleh software yang bertugas menghilangkan spyware/addware sekalipun. Gaswat banget ya?

Jangan kaget dulu dong, pada kasus yang sederhana kita bisa memperbaikinya hanya dengan mengubah setting homepage yang ada di option IE. Tapi yang seperti ini nggak berlaku untuk semua kasus lho. Adakalanya kita hanya bisa mengembalikannya ke normal dengan mengedit registry (wah apaan lagi tuh? Kapan-kapan kita bahas deh) dan mengembalikan perubahan yang telah dibuat.

Bahkan adakalana kita perlu juga untuk memperbaiki registry dan membuang file yang telah disimpan di komputer kita (biasanya file ini terus menerus mengubah setting setiap komputer di re-boot). Nah jadi tahu kan kenapa setingan IE kamu terus berubah setiap kali komputer kamu nyalain. Tapi pada kasus lain bahkan mereka mengubah seting komputer kita sehingga kita nggak bisa membuka registry dan ngembaliin setingan komputer kita -terutama IE dan berhubungan dengan internet.

Bagaimana cara mencegahnya? Tentunya kamu sudah fasih banget dengan peribahasa “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Nah, kita juga sebaiknya mencegah supaya browser hijacking nggak terjadi karena ‘ngobatinnya’ memang nggak gampang. Karena biasanya yang diserang adalah Internet Explorer (IE terkenal banyak kelemahanya dalam soal keamanan internet), maka supaya aman coba deh pake browser lain, kan banyak tuh yang bisa kalian pilih dari mulai yang free alias gratisan sampe yang harganya nggak kejangkau juga ada.

Browser macam Mozilla, Opera, atau Netscape, bolehlah dijajal. Tapi kalo kamu tetep fanatik ama IE (bukan fanatik tapi nggak bisa make yang lain. Hehehehe…) maka yang bisa kamu kerjain paling cuma ningkatin seting keamanan di IE komputer kamu.

Caranya?

  1. Buka control panel komputermu, trus klik dua kali icon Internet Option.
  2. Klik seting Security Set untuk Internet ke Medium, ini untuk mencegah orang meng-instal sesuatu ketika kamu lagi enak-enak browsing. Dan juga selalu update patch Windows maupun IE yang kamu pake.

Pencegahan lainnya pastiin software Java di komputer kamu selalu up-to-date, ini biasanya digunain untuk ngebuka halaman yang berisi animasi flash. Selain pencegahan di atas ada juga pencegahan dengan mengunakan software third party, maksudnya software yang bukan bagian dari sistem operasi komputermu. Semoga komputermu aman dari serangan pembajak-pembajak dari dunia maya. [andi]

—-

BOX:

Untuk informasi lebih lengkap coba aja kamu buka:

http://www.cexx.org/hphijack.htm – Homepage Hijackers
http://www.spywareinfo.com/articles/lop/ – Lop.com
http://www.pcworld.com/news/article/0,aid,63345,00.asp – Stealth ad explosion
http://www.pcworld.com/news/article/0,aid,101916,00.asp – Web Ad Explosion
http://www.pcworld.com/news/article/0,aid,84464,tk,dn021402X,00.asp – Invasion of the browser snatchers
http://www.spywareinfo.com/newsletter/archives/september-2002/09212002.html#xupiter – Xupiter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s