SATU

Oleh: Achmad Manggara Putra

[Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Muslim (FKMM) ABA”LPI”]

Satu, kenapa satu? Soalnya, Islam itu satu dan cuma satu-satunya agama yang diridhai Allah. Terus juga, kita orang Islam punya Tuhanya satu, kiblatnya satu dan Rasul yang sama, Muhammad saw.

Tapi sekarang yang jadi masalah. Kenapa? Kenapa gitu loh, justru umat Islam sendiri yang terpecah-pecah. Bahkan nggak sedikit, diantara gerakan Islam yang saling tuding, saling fitnah dan saling hujat. Kita ngeri banget kalo ukhuwah di antara kita hanya sebatas slogan belaka. Misalnya dengan membentangkan spanduk lebar-lebar bertuliskan: “PARTAI BOLEH BEDA, UKHUWAH TETAP DIJAGA!”

Slogan-slogan kayak gitu udah banyak banget kita temuin di jalan-jalan. Basi, kalo cuma jadi pajangan dan sekadar cuma tulisan doang! Kudunya sih jangan cuma buat pamer aja, tapi juga diparaktekin. Tul nggak seh?

Tapi kayaknya, buat gerakan Islam yang ‘tertuduh’. Maksudnya yang sering dibilang sesat, dsb, hal itu bukan hal yang aneh lagi yang nggak perlu ditanggapin. Tapi emang sih, nyebelin banget. Disaat di gembor-gemborin masalah ukhuwah, eeeh…malah nyebarin gossip yang faktanya nggak bener.

Banyak kasus udah terjadi. Salah satu kasus yang pernah terjadi di salah satu Sekolah Tinggi Pemerintahan. Waktu itu kebetulan ada gerakan Islam Ideologis, yang mencoba memberikan edukasi tentang: sistem pemerintahan Islam, sistem ekonomi Islam dsb.

Nggak lama, sekitar beberapa waktu berjalan. Beredarlah buku-buku yang menghujat gerakan Islam ideologis tersebut. Sampai-sampai ada salah satu aktivisnya yang rela-relain dating, cuma buat ngejelekin gerakan tersebut. Nggak ada abisnya emang. Tapi alhamdulillah banget, semua itu ditolak mentah-mentah oleh temen-teman mahasiswa di sekolah tinggi tersebut. Soalnya dari fakta yang disebut nggak ada yang bener satu pun.

Itu satu contoh kasus yang nyata. Tapi anehnya, itu dilakuin sama orang Islam sendiri. Saking keselnya, saya sempet berpikir, “perlu nggak sih kita sebut orang tersebut bodoh or aktivis gadungan?” Soalnya nggak mungkin banget gitu loh, kalo seorang aktivis yang udah paham Islam ngehujat saudaranya sendiri. Apalagi kalo mereka sering ngobral slogan tersebut di atas. Bener apa betul?

So, jangan cuma slogan deh! Kita semua perlu bukti, bukan janji! Lagian juga, kalo kita menyebut saudara kita dengan sebutan kafir atau sesat itu dilarang keras oleh Rasulullah saw. Seperti yang beliau sabdakan:” Barang siapa yang menyebut saudaranya kafir (sesat), maka sungguh dia telah kafir.”

Jelas banget kan friend? Itu sebabnya, jangan coba main-main dengan kata kafir dan sejenisnya! Terkecuali kalo emang kekafiran dan kesesatannya udah jelas seterang siang hari. Kalo kita belum tahu? Ya udah diam aja! Atau kalo perlu kita ikut kajiannya dulu, sampai akhirnya kita bisa tahu apakah itu sesat atau nggak.

Pokoke yang wajib diinget buat semua yang aktivis, ataupun yang calon aktivis. Jangan pernah deh ngerasa gerakan kita yang paling bener. Mungkin kita udah pernah belajar tentang istilah asshabiyah (bangga dengan golongan/kelompok). Nah, Islam sendiri nggak ngajarin kalo suku, gerakan, partai kita yang paling hebat. Tapi kita kudu bilang kalo Islam tuh agama yang paling hebat dan agama yang benar.  Atau perlu ada slogan baru? “GERAKAN, PARTAI, SUKU BOLEH BEDA. TAPI UKHUWAH DAN KESATUAN ISLAM HARUS DIJAGA!”  Gimana? Sip kan? Tapi inget, kita kudu praktekin! Jangan cuma slogan aja.

Bersatu di bawah panji La ila ha ilallah

            Ngomongin masalah persatuan Islam. Nggak bakal lepas dari yang namanya kepemimpinan. Sobat Muda semua pasti udah tahu banget, kalo setelah Rasulullah saw. wafat. Kepemimpinan beliau digantikan oleh para sahabat yang diangkat menjadi Amirul Mukminin (Khalifah).

Yup, ketika semua negeri-negeri Islam bersatu. So pasti banget kudu dipimpin oleh seorang pemimpin. Dalam hal yang sederhana pun kita kudu ada pemimpinnya. Seperti halnya ketika kita sedang melakukan perjalanan sama dua orang teman kita. Maka kita kudu nunjuk satu, yang mimpin perjalanan kita. Rasulullah bersabda: “Jika ada tiga orang yang  melakukan perjalanan, maka tunjuklah satu! Yang menjadi pemimpin”

            Berarti, bakal ada pemerintahan Islam dong? Yoi, bener sekale. Nah, sistem pemerintahan Islam itu disebut dengan Khilafah. And then, apa sih Khilafah itu? Menurut Syaikh Taqiyyudin an-Nabhani, dalam kitab Nidhomul Hukmi fil Islami,  Khilafah itu adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslimin di dunia yang merupakan institui poilitis untuk melanjutkan kehidupan Islam. Dengan menegakan hokum-hukum syariat Islam dan mengemban risalah Islam ke seluruh penjuru dunia dengan dakwah dan jihad. Dari definisi tersebut, memang khilafah adalah untuk seluruh dunia. Dan cocok banget dengan konsep ukhuwah Islamiyah.

So, what are we waiting for? Tinggalin semua kebiasan lamamu! Kita udah tahu banget kalo kita kudu bersatu, kita udah tahu juga kalo seluruh konsep kenegaraan dan ukhuwah emang tercatat kuat di dalam al-Quran dan as-Sunnah. Kita juga paham kalo kita kudu nyatuin lagi negeri-negeri Islam dan kudu nerapin syariat Islam. Iya kan?

Yo wis, nunggu opo meneh tah? Nggak pake lama pokoknya siap nggak siap kita harus siap untuk menjadi pemersatu umat, kita harus menjadi yang terdepan untuk mengibarkan lagi panji La ilaha ilallah Muhammadur Rasulllah.

Satu kata yaitu satu. Satu hati dalam Islam dan satu dalam naungan Khilafah Islamiyah. Berjuang bersama untuk menjadi ummatan wahidatan dan umat yang terbaik. Umat yang mengibarkan kembali panji La ilaha ilallah Muhammadur Rasulullah.

Pokoke, udah nggak zamanya lagi kita saling hujat, saling fitnah dan saling cela. Cukup sampai di sini! Selama kita masih mempunyai kitab yang satu, al-Quran, Tuhan yang satu, Allah swt., Rasul yang satu, Muhammad saw., arah kiblat yang masih mengahadap ke Ka’bah, maka kita adalah saudara, sobat. Jangan lagi ada perpecahan di tubuh umat yang mulia ini. Kuatkan lagi dalam hati kita, bahwa kita adalah yang terbaik. Yang akan mengembalikan kejayaan Islam. Ayo bersatu!

Yoo my brothers and sisters. Fight for our honour and Islam! Allahu Akbar! Wallahu a’lam bisshawab[]

——–

Salam untuk semua orang yang rindu akan kebangkitan dan persatuan Islam, teruntuk lagi buat “inspirasi”ku: hope you get the best from what you have done.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s