Bedak tertentu tak cocok di kulit saya

Beberapa waktu yang lalu saya menginap di rumah teman.  Dan saya memakai bedak teman saya karena kebetulan bedak saya ketinggalan di rumah. Tapi sorenya muka saya merah-merah dan terasa gatal. Apa yang terjadi dengan muka saya? Mengapa bisa begini sementara muka teman saya tidak apa-apa? Apa karena saya tidak biasa memakai bedak seperti punya teman saya? Apa yang harus saya lakukan Dok?

Nisa

Bogor

Dik Nisa,

Gatal-gatal dan kemerahan di wajah setelah memakai bedak teman bisa karena adik alergi dengan bedak teman. Bedak itu menjadi sesuatu yang asing bagi kulit adik, akibatnya timbul kemerahan dan gatal pada kulit setelah bersentuhan dengan bedak yang tidak biasa adik pakai.  Dalam kesehatan ini dinamakan dengan Dermatitis kontak atau radang pada kulit akibat kulit kontak dengan sesuatu yang tidak bisa diterima oleh kulit.

Mengapa teman adik tidak mengalami hal yang serupa? Bisa jadi teman adik tidak punya bakat alergi, sementara adik memiliki bakat alergi. Perlu diketahui bahwa bakat alergi ini biasanya diturunkan, artinya dimiliki juga oleh anggota keluarga yang lain. Coba tanyakan pada orang tua adik, kakek nenek atau saudara yang lainnya apakah mereka atau salah satu dari mereka dan keluarga besar ada yang memiliki riwayat alergi.

Perlu diketahui pula, bahwa bentuk alergi yang muncul yang dialami oleh keluarga besar bisa jadi tidak sama persis dengan adik, yakni gatal-gatal karena memakai bedak yang baru (bukan biasanya). Bisa bermacam-macam, seperti kaligata atau bersin-bersin jika udara dingin, kulit merah merah jika makan seafood, atau bisa juga adanya riwayat asma. Bakat alergi ini diturunkan, tapi bisa jadi tidak muncul pada semua generasi dan hanya pada seseorang. 

Pada seorang yang mempunyai bakat alergi, perlu hati-hati ketika mencoba memakai sesuatu untuk kulit atau makan sesuatu yang baru. Dan untuk selanjutnya perlu dihindari kontak atau mengkonsumsi sesuatu yang menimbulkan alergi.

Bagaimana bila sudah terjadi reaksi alergi? Langkah pertama adalah hentikan kontak atau konsumsi bahan sumber alergi. Kalau dengan upaya itu belum berhasil, maka mintalah bantuan kepada tenaga kesehatan. Dokter akan memberikan obat untuk mengatasi gejala akibat reaksi alergi.  Dan untuk selanjutnya hindari bahan atau makanan yang menimbulkan reaksi alergi dan hati-hati ketika akan mencoba bahan atau makanan yang baru.

Demikian Dik Nisa, semoga penjelasan ini bisa menjawab keluhan adik. Terima kasih.[]

==

Rubrik TB-Se (Tanya Biar Sehat) ini diasuh oleh dr. Arum. Buat kamu yang punya pertanyaan seputar kesehatan, bisa langsung kirim via pos atau e-mail ke: sobatmuda@mail.ru (jangan lupa cantumkan “TB-Se“ di kolom subjek pada e-mail atau di sudut kiri atas amplop). 

Tinggalkan Balasan

