Gandrung Games Online

Bukan NAZA, tapi bisa bikin ketagihan? Itulah games online. Permainan yang kini digandrungi remaja yang udah ‘berevolusi’ kearah teknologi, bermain bersama internet!

Sesosok lelaki seumuran remaja berjalan menuju sebuah gedung tua berlantai dua yang gelap mencekam. Perlahan ia melangkah masuk ke dalam menuju lantai dua. Satu-persatu anak tangga ia lewati. Tibalah ia di depan pintu lantai dua. Dengan hati-hati dan perlahan lelaki itu membuka pintu dan memutar mata melihat sekeliling ruangan. Di salah satu sudut ruangan terjadi penampakan sebuah bayangan hitam terlihat duduk di sana mengawasi kondisi sekitarnya. Lelaki tersebut perlahan mendekati bayangan hitam itu. Kemudian dengan memberanikan diri ia berkata: “Mbak, saya mau daftar maen game online, masih ada yang kosong nggak?” wakakak

Yeah! ‘Praktek’ dukun beranak, eh…, games online udah semarak di mana-mana. Di kota-kota besar, kota sedeng, juga kota kecil (:p) udah menjamur tempat-tempat yang menyediakan jasa games online. Warnet-warnet yang layu pun sebagian berputar haluan berubah menjadi games online center. Sebagian lagi menyulap warnetnya jadi dua jasa, internet dan games online. Beda, kalo maen games biasa dengan game online. Biasanya kamu maen game sebelahan sama temen kamu. Jadi kalo kamu kalah bisa langsung gebug temen kamu (hehehe b’canda). Kalo games online kamu bisa main bebas dengan siapa aja. Mau di gunung, di goa, di dasar laut atau di kutub utara sekalipun, selama terdapat koneksi internet, bisa kamu jadiin teman kamu untuk ber-game ria.

Teknologi games online

Yang kamu butuhin untuk bisa bermain game secara online adalah seperangkat komputer dan tentunya ada koneksi internet. Kamu juga bisa saja memanfaatkan jasa warnet. Yang paling penting, kamu butuh duit buat bayar sewa di warnetnya (hehehe :p). Tidak terlepas dari sejarah komputer, teknologi games online diilhami oleh penemuan metode networking komputer tahun 70-an oleh militer di Amerika.

Dari konsep inilah dikembangkan berbagai fitur baru termasuk game. Pertama jaringan yang digunakan masih Lokal Area Network (LAN). Kesininya sudah menggunakan jaringan yang luas melalui jalur www (world wide web) atau internet yang bisa diakses via nirkabel. Tidak seperti kirim email atau browsing yang tinggal langsung klik IE (internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing, untuk bisa memainkan game online kita harus meng-install dulu program game-nya.

Tentunya agar lebih asyik, perangkat keras (hardware) yang kamu gunakan harus memadai juga. Ya, paling nggak kamu bisa menggunakan pentium IV atau yang setara dengannya. Jangan lupa sound system-nya pake yang mantap. Tapi kalo kamu pake di warnet, tergantung kondisi di sana. Kamu kudu iklhas nerima kondisi apa adanya di warnet. Hehehe…

How to play?

Beda dengan game biasa. Di game online kamu kudu daftar atawa register dulu. Kayak masuk sekolahan gitu lho! Hehehe.. cuma di game online ini ada yang gratis ada juga yang bayar. Yang gratisan, udah register langsung aja kamu bisa maen. Kalo yang bayar, biasanya kamu harus memasukan kode yang ada di voucher yang kamu beli. Setelah itu, kayak sekolaan juga, belajar dari kelas satu, dua, tiga, dst., di game online juga kamu beranjak dari level satu, dua, tiga, dst. Trus, nama kamu yang didaftarkan adalah karakter kamu yang akan kamu mainkan di dunia maya. So, sebisanyalah kamu menjaga tatakrama (lho???), maksudnya menjaga agar karakter kamu tidak dipandang sebelah mata sama lawan kamu. Gimana pun, itu kehidupan kamu di dunia maya. Selamat berjuang di dunia maya sobat. Hehehe

Games Maya

Banyak banget sih sebenarnya jumlah game online yang bisa kamu mainin. Kamu bisa milih sebebas kamu, apa yang ingin kamu mainkan. Mulai dari game arcade sampai game perang atau petualangan. Contohnya ada catur online yang disediain Yahoo! Juga pool (biliard) online dari Yahoo!. Sementara game online lainnya ada Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy, Roadrash, bahkan game startegi macam Rise of Nations keluaran Microsoft dan Big Huge bisa kamu jajal via jaringan maya.

Percaya nggak percaya, temen-temen kamu yang udah mendahui main game ini merasa ketagihan. Sebut saja Heru yang suka begadang buat maen games online membuat pernyataan sikap (he..he.. kayak politisi aja), “Main games online membuat diri saya senang. Adakalanya terbawa mimpi oleh saya, seolah-olah saya turun langsung ke arena game. Oh, senangnya”. Pemuda yang udah jadi guru SD ini sering main game Laghaim. Beda sama Diki, operator warnet yang main games cuma buat iseng aja.

Siapa sangka kalo ternyata games bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Dari penyedia jasa maupun produsen games itu sendiri. Ragnarok contohnya, yang menggunakan sistem voucher buat para gim-mania. Gunbound yang dikeluarkan bolehgame mengambil keuntungan dari iklan. Sementara, game lainya bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan software-nya. Square yang gagal bangkrut karena Final Fantasy-nya, sudah memulai bisnis baru dengan membuat game penyelamatnya menjadi online.

Not PC only

Ow…, muncul sekarang game online di HP. Pemanfaatan sistem GPS (Global Positioning System) yang bisa menentukan posisi seseorang dikembangkan juga sebagai sarana untuk bermain game secara online. Nokia misalnya mengeluarkan versi n-gage yang difasilitasi dengan game online. Dari PS2 atau yang punya X-Box, bisa juga ikutan nimbrung di dunia maya bermain game bareng sobat yang lain.

Yoi deh, segitu aja pembahasan tentang game online. Yang mo nyobain dipersilahkan ke warnet. But, jangan nyampe nyita waktumu buat yang lain. Terutama ibadah, belajar, dan dakwah kamu. Oke sobat! [eftur, berbagai sumber]

Box

GameOnline & Sobatmu…

Heru (Guru SD) ç “Game Online bikin kita ngerasa punya dunia lain, yaitu dunia maya. Seolah-olah kita punya dua kehidupan gitu lho!” Doi biasa ambil sip malem buat maen game Laghaim. Di samping harga lebih murah, waktu juga terjangkau Men! He…he…, maksudnya nggak mengganggu aktivitas yang lain di siang hari. Tapi gimana kalo abis main game? Apa nggak ngantuk? Untungnya Heru punya kelebihan lagu andalannya bang Oma: Begadang!

Hamlet (nama maya) ç Doi waktu di warnet maen Nexia atau CS (Counter Strike) dari jam 15.00 sampai jam 7.00 pagi besoknya. Seminggu bisa ngabisin duit kira-kira 20 sampai 30 dollar. “Tapi kalo gamesnya seru, unlimitted deh dananya”. He..he.. “Games online make never ending story. Bisa namba temen dari mana-mana. Doi seneng maen Ultima online dan Star Wars Galaxies (SWG). Biar maen game, tapi tidak mengganggu aktivitas doi yang lain.

Diki (Op Warnet) ç “Asyik sih main game online, tapi kalo aku maennya kalo ada temen yang ngajak aja. Kalo sama yang nggak kenal aku malas maen”. Menurut Diki, yang punya profesi jadi ‘penguasa’ warnet, “bisnis buka ‘praktek’ games online bisa lebih menguntungkan. Plus buat operatornya juga nggak cape ngelayanin yang mau ngeprint atau menanyakan suatu hal. Apalagi kalo ada yang baru belajar internet, duh rieut dak (pusing!).” Diki biasa maen games Gunbound. Itu juga masih anak ayam (pemula) hehehe..

Mad Hatter (nama maya) ç “Bisa maen ama temen banyak”, games online menurut doi. Soal pengeluaran sih doi nggak begitu terlalu banyak, soalnya nyari yang gratisan. Penggemar Final Fantasy ini cukup kuat untuk bermain game, jika game yang dimainkannya cukup seru. [eftur]

One thought on “Gandrung Games Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s