Mengenal Tombol Fungsi

Semua tombol yang ada di keyboard ada fungsinya. Belum tahu? Nih, kita kasih tahu biar lebih maksimal penggunaannya:

F1

Tombol ini seringkali dipergunakan untuk membuka menu help. Jika kamu menekan tombol ini ketika bekerja dengan suatu program, maka yang keluar adalah help untuk program tersebut.

F2

Tombol ini untuk mengganti nama ketika kamu menggunakan Windows/Windows Explorer. Tinggal klik file atau folder dan tekan F2. Dan kalian akan dapat menuliskan nama baru, lalu klik diluar kotak nama itu atau tekan [Enter] untuk menggantinya dengan nama yang kalian tulis.

F3

Jika kamu bekerja menggunakan Windows/Windows Explorer, maka tombol ini berfungsi untuk membuka window pencarian file (Find Files).

F4

Tombol ini memiliki banyak fungsi. Bisa untuk membuka Address Bar jika kamu sedang menggunakan Internet Explorer. Ini akan mempercepat kamu untuk memilih alamat website yang pernah dibuka sebelumnya. Nah, kalo menekan tombol [F4] dan [ALT] secara bersamaan bisa untuk menutup window apapun yang sedang aktif (sama seperti meng-klik tanda [x] di pojok kanan atas window)

F5

Fungsi refresh (membuka kembali) akan kita dapatkan dengan menekan tombol ini. Dalam Internet Explorer, tombol ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa kita membuka halaman yang terbaru. Tombol ini juga dapat digunakan untuk me-refresh tampilan pada Windows/Windows Explorer. Bisa berfungsi untuk melihat isi sebuah disket yang baru setelah mencabut disket sebelumnya, tapi di Windows kita masih menampilkan isi disket pertama. Tinggal pencet tombol ini dan dengan sekejap maka Windows akan menampilkan isi disket yang baru dimasukkan.

F6

Tombol ini biasanya sih berguna untuk memindahkan kursor dalam struktur sebuah program tanpa menggunakan mouse. Tapi juga kadang memindahkan dari satu window ke window lain.

F7

Tombol ini alaminya sih nggak ada fungsinya sama sekali. Tapi mungkin digunakan pada program-program tertentu atau gim. Untuk menemukannya tinggal buka help (udah tahu kan caranya?) sebuah program dan cari kata function key.

F8

Tombol ini seringkali digunakan untuk mengakses safe mode ketika komputer sedang dalam proses booting. Ini merupakan modus trouble-shooting yang memungkinkan komputer dinyalakan dalam kondisi progam minimal.

F9

Sama seperti F7 tombol ini juga nggak ada gunanya dalam Windows.

F10

Tombol F10 adalah tombol yang perlu dipencet ketika kamu ingin mengaktifkan menu bar (menu paling atas yang biasanya bertuliskan File, Edit, View, dst) dalam banyak program. Caranya pencet tombol ini lalu kalian akan melihat menu pertama berwarna lain. Nah untuk berpindah-pindah dan membuka menu tinggal pakai tombol panah. Menggunakan tombol ini barengan dengan tombol [Shift] maka akan membuka menu shortcut. Sama seperti jika menggunakan klik-kanan.

F11

Tekan tombol ini ketika kamu menggunakan Internet Explorer, maka window-nya akan menjadi full screen. Yang juga akan menghilangkan semua toolbar yang ada pada Internet Explorer sehingga kalian bisa mendapatkan area lebih luas. Pencet sekali lagi untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

F12

Tombol ini juga sama seperti tombol F7 dan F9 yang nggak ada gunanya.

Oke deh, met nyoba ya. Nah, karena fungsi dari tombol ini dapat berbeda-beda, maka lebih baik kita coba pelajari fungsinya lebih lanjut dengan melihat help dari beragam program yang sering kita gunakan. [andi]

2 thoughts on “Mengenal Tombol Fungsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s