Menyembuhkan sakit maag

Assalaamu’alaikum,

Saya sering merasa sakit di daerah bawah tulang dada atau ulu hati, juga sering kembung. Apalagi kalau saya telat makan karena sedang banyak kerjaan atau tugas-tugas sekolah. Tapi sejak tahu begitu, saya sudah berusaha untuk segera makan, namun tetap nggak sembuh juga. Apakah ini yang dinamakan sakit maag? Apa yang sebenarnya terjadi, dan mengapa makan dalam kondisi seperti ini nggak ngilangin rasa sakit di ulu hati saya?

 

Rijal

Cibinong-Bogor

 

 

‘alaikumsalam,

Dik Rijal,

Gejala-gejala yang dirasakan adik bisa jadi merupakan gejala penyakit maag, atau radang lambung yang dalam istilah kesehatan disebut dengan gastritis. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya asam lambung di dalam rongga lambung. Dalam keadaan normal, lambung mengeluarkan asam lambung yang memang sangat berguna untuk membantu pencernaan makanan di lambung.

Ketika perut dalam keadaan kosong, maka asam lambung ini tetap diproduksi. Masalahnya, jika tidak ada makanan yang masuk ke dalamnya, maka asam lambung ini akan bereaksi dengan dinding lambung itu sendiri sehingga bisa terjadi lecet atau luka pada dinding lambung. Inilah yang menimbulkan rasa sakit.

Nah, jika hal itu terjadi terus menerus maka luka di lambung akan makin besar sehingga bisa sampai terjadi mengenai seluruh dinding lambung, bahkan menembus dinding lambung sehingga terjadi lobang di lambung atau perforasi. Ini sangat berbahaya, lho.

Selain dipicu oleh tidak adanya makanan di dalam lambung, produksi asam kambung juga dipicu oleh keadaan kejiwaan; seperti cemas, takut, atau beban pekerjaaan yang banyak yang harus segera diselesaikan. Jika sudah terlanjur terjadi peningkatan produksi asam lambung, maka adanya makanan yang masuk ke lambung tidak akan mengurangi kadar asam lambung ataupun mengurangi rasa sakit, karena sudah terjadi reaksi antara asam lambung dengan dinding lambung.

Itu sebabnya, yang harus dijaga adalah pola makan yang teratur dan juga pola hidup yang teratur. Jangan suka terlambat makan, usahakan lambung selalu terisi dengan makanan, hindari makanan yang terlalu pedas atau asam, dan juga jangan mudah stres atau panik. Adakalanya juga dibutuhkan obat-obatan. Tapi obat tanpa ada perubahan pola makan dan kebiasaan hidup tidak akan banyak gunanya. Demikian Dik Rijal, semoga penjelasan ini dapat membantu. [arum]

9 thoughts on “Menyembuhkan sakit maag

  1. SAKIT maag dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain, seperti bronkitis, pendarahan, dan sakit kepala sebelah (migren). Maag juga bisa menimbulkan komplikasi di daerah tenggorokan berupa ISPA terutama kembalinya isi dan asam lambung ke tenggorokan (repluk). Hal ini bisa merasang timbulnya penyakit baru berupaa penyakit Asma.
    Komplikasi berupa nyeri yang hebat dan muntah-muntah dapat mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh si penderita, sedangkan luka besar bisa menimbulkan pendarahan ringan hingga berat. Bila hal ini tidak segera dioperasi bisa menyebabkan kematian.
    Maag yang menahun tidak terlalu membahayakan dibandingkan sakit yang makin lama makin berat. Komplikasi penderita berat dan pendarahan umumnya adalah faktor stres. Sakit maag fungsional yang sering berulang tidak menyebabkan kompilkasi yang berat pasien terlambat berobat.
    Ada beberapa cara untuk mencega agar supaya tidak sakit maag yakni:
    l Mengurangi produksi asam lambung atau menghindari terlambat makan, stres, dan makanan serta minuman yang dapat menimbulkan asam lambung, seperti rokok, kopi, coklat dan makanan yang mengadung asam.
    l Hati-hati penggunaan obat-obat penghilang rasa nyeri dan jangan dimakan pada saat perut kosong atau disertai obat-obat maag lainnya.
    l Pola hidup yang teratur, makan dan tidur yang teratur. Banyak olahraga sebab untuk mengkuatkan asam lambung.
    l Hindari makanan yang langsung merusak dinding lambung seperti makana mengandung cuka, merica dan bumbu-bumbu yang merasang.
    Sedangkan makanan baik untuk dikonsumsi bagi penderita sakit maag adalah:
    l Tidak merasang timbulkan asam lambung
    l Bila sakit maag berat, makanlah makanan yang lunak seperti bubur dan porsinya sedikit.
    l Makanan-makanan yang dapat meneteralkan asam lambung, roti susu atau roti marie
    l Hindari makanan yang mengandung lemak dan minyak (gaji hewan)
    l Hindari makanan seperti, beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, talas serta dodol.
    * Buah-buah tidak mengandung asam dan bergetah. (semangka, pisang dan pepaya).
    (arsep pajario)

  2. haiiii
    saya sering merasa nyeri pd ulu hati, tapi kali ini beda saya merasa nyeri pada ulu hati disertai pusing serta pandangan saya menjadi kabur,juga kringat dingin. hal ini membuat saya ingin pingsan. yang saya mau tanya apakah maag saya tergolong berat dan apa ini dpt menyebabkan saya cepat mati?

  3. sakit maag, penyakit yg paling aku hindari, karena kata yg udah kena maag ‘makan sakit, g makan juga sakit’. Eh, terakhir ke dokter puskesmas waktu sakit di bagian dada ternyata diberitahu kalau sakit maag. padahal di dada bawah tulang. waktu ke RSUD kata dokternya asam lambung yg di produksi terlalu banyak sehingga naik sampai ke saluran pencernaa makanya dadanya juga sakit, makan dan minum susah, akhirnya kena juga. Tapi katanya maag bisa di sembuhkan. Cukup senang, tapi ya begitu bukan hanya minum obatnay tapi juga harus makan yang sehat dan teratur. Hiks, padahal coklta, makanan pedas aku sangat suka… Harus mulai di kurangi nih.

  4. maag..males banget..lagi sering kambuh ni,,bikin bete dh pokoknya…bagi yang blum kena jgn di cari2 deh akibatnya,bakalan bikin sengsara…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s