Terpecahkan! Rekor Kecepatan Jet

Scramjet milik NASA yang bernama X-43A telah memecahkan rekor kecepatan pada tes terbang tanggal 27 Maret. Kecepatan yang berhasil dicatat ialah Mach 6,83. Itu aartinya, hampir tujuh kali kecepatan suara. Tapi mungkin rekor ini tidak akan bertahan lama karena pesawat hipersonic dari jenis yang sama direncanakan akan diterbangkan dengan kecepatan hingga Mach 10 (sepuluh kali kecepatan suara). Scramjet sendiri merupakan singkatan dari supersonic combustion ramjet.

Pada penerbangan Maret, pesawat eksperimen tak berawak ini diterbangkan dengan roket yang dikaitkan dibawahnya hingga ketinggian 95.000 kaki atau setara dengan 29.000 meter. Lalu pesawat ini menggunakan mesinnya selama 11 detik dalam penerbangan melintasi benua Pasifik.

Umumnya scramjet menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar dan mengambil oksigen langsung dari udara yang dimasukkan ke mesinnya sejalan dengan bertambahnya kecepatan. X-43A dapat dengan mudah memecahkan rekor kecepatan dunia untuk kelas pesawat yang menggunakan oksigen langsung.

Rekor sebelumnya dipegang oleh misil bertenaga ramjet yang sanggup terbang dengan kecepatan Mach 5. Kecepatan tertinggi yang diraih oleh pewasat bertenaga roket X-15 buatan NASA ialah Mach 6,7. Sedangkan pesawat berawak yang menggunakan oksigen langsung dipegang oleh pesawat mata-mata SR-71 “Black Bird” yang meraih tak lebih dari Mach 3,2. Sedangkan rata-rata pesawat jet komersial terbang dengan kecepatan di bawah Mach 1 (1,194 Kmh/741Mph) [andi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s