Menciptakan Pembantu Bernama Robot

Teknologi yang kian meninggi terus melahirkan karya-karya yang berguna. Salah satunya adalah manusia mesin alias Robot.

Kalo saja Karel Capek pada tahun 1920 tidak membuat sandiwara fiksinya, istilah robot mungkin tidak akan pernah kita kenal. Robot diambil dari bahasa Chekoslavia yang berarti tenaga kerja. Sandiwaranya Karel menceritakan tentang penciptaan manusia tiruan. Cerita cukup seru. Manusia menciptakan robot, lalu dijual ke Negara-negara yang sedang berperang. Dengan ganas robot menghancurkan prajurit musuh juga penduduk yang tidak bersalah. Akhir cerita Robot ingin menguasai manusia dan berhasil membunuh seluruh manusia. Dalam sebuah cerita lain yang dikarang oleh Isaac Asimov berjudul I, Robot tercetus 3 hukum tentang robot. Yang pertama, Robot tidak boleh melukai manusia dan menyebabkan manusia dalam posisi yang berbahaya. Kedua, Robot harus menurut perintah manusia selama tidak bertentangan dengan hukum pertama. Ketiga, Robot harus dapat melindungi keberadaannya sendiri selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.

Robot diciptakan emang buat bantuin kita melakukan sebuah pekerjaan baik yang ringan apalagi yang berat. Idealnya sih bisa kayak manusia, bisa melihat, mendengar, dan merasakan lingkungan sekitarnya. Dalam dunia Industri robot udah jadi sahabat tangguh dalam melakukan pekerjaan. Pembuatan mobil misalnya, memerlukan peran robot agar produksinya sempurna dan cepat. Tidak sedikit negara yang menggunakan robot untuk memproduksi produknya. Diantaranya tiga besar adalah Jepang, Amerika, dan Jerman. Negara lainnya adalah Inggris, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan sebagainya. Indonesia pun sudah mulai nampak memulai industri robot. Terutama dibuat oleh mahasiswa tehnik dari ITB.

Peran komputer

Yang bisa menggerakan robot biasanya emang cuma komputer. Dalam satu bidang tertentu, ada bagian dari ilmu komputer yang mempelajari tentang Kecerdasan Buatan. Nah, robot adalah salah satu cabang dari pengembangan kecerdasan buatan. Tujuannya bisa menggantikan peran manusia dalam melakukan pekerjaan terutama yang kotor, berbahaya, dan sulit. Bikin robotnya juga enggak mudah lho. Kudu ngegabungin beberapa ilmu pengetahuan seperti fisika, biologi, elektro, dan komputer. Rumitnya adalah gimana caranya membuat sebuah perintah dari bahasa yang hanya kenal 0 sama 1? Yang pasti mainin logika kayak di pelajaran matematika. He..he..

Jenis robot

Robot dikategorikan ke dalam tiga jenis, Personal Robots, Industrial Robots, dan educational robots. Jenis yang pertama bisa juga disebut sebagai robot rumahan. Tugasnya emang buat ngebantuin pekerjaan rumah. Bisa dibilang juga sebagai pembantu rumah tangga gitu. Dua tahun yang lalu, di televisi muncul iklan robot seukuran anak kecil yang lucu produksi perusahaan Honda. Seperti itulah bentuk personal robots. Kamu bisa memprogramnya supaya robot bekerja mencuci baju kamu, menyiapkan sarapan pagi, dan membangunkan kamu di pagi hari.

Jenis yang kedua robot diperbantukan pada bidang industri. Jumlahnya enggak cuma satu, tapi banyak. Beberapa jenis diantaranya adalah Motionmate. Robot ini adalah yang paling sederhana dan bisa mengambil dan meletakkan komponen-komponen di dalam proses produksi. Robot ini punya kekuatan dapat mengangkat barang seberat 2,5 Kg. The Rino Charger. Robot ini dapat bergerak ke 6 arah sumbu dan mempunyai daya angkat sebesar 23 kg. Prab Model 4200. Robot ini dapat berputar secara horisontal sebesar 2500 dan punya daya angkat sebesar 35 Kg. Cincinnati/Milacron T3. Yang ini dapat bergerak ke 6 arah dan bisa ngangkat barang seberat 46 Kg. Prab FC. Bisa digunakan untuk memindahkan mesin seberat 1 ton. Cybotech P15. Bisa buat ngecat gedung nih robot. Bisa ngangkat berat sampai dengan 15 kg. Puma Model 500. Robot ini dapat bergerak ke arah 5 sumbu dan termasuk robot dengan elektronik tinggi. IBM Assembly Robots. Robot ini dibuat dua macam, satu untuk produksi komputer IBM, dan robot robot yang satu lagi berukuran kecil digunakan untuk mengetes performance sebuah komputer IBM. GMF Robots. Robot ini dibuat untuk membantu perusahaan yang membuatnya yaitu General Motor dan Fanuc Machine Works.

Robot jenis ketiga digunakan untuk membantu di dalam mengajar tentang operasi dan penggunaan robot industri. Beberapa macam robot Educational adalah sebagai berikut. Rhino Robot XR-2 System, Microbot, dan Hero-1.

Rhino dibuat oleh Rhino Inc. Robot ini dapat digunakan sebagai alat bantu simulasi robot-robot industri. Rhino dioperasikan menggunakan program apple dan bisa disimpan di dalam disk. Bisa juga dioperasikan dengan teach pendant, namun gak bisa disimpan di dalam disk.

Microbot, ada dua macam. Microbot minimower, dan microbot teachmover. Keduanya diprogram dengan komputer apple TRS-80.

Hero-1 dibuat oleh perusahaan Zenith yang diperbantukan mempelajari robot industri. Hero memiliki unit sensor yang dapat mendeteksi gerak, mengukur jarak, mendeteksi tingkat cahaya, membedakan dua suku kata, dan bisa berbicara.

So, Itulah teknologi robot yang canggih. Udah pasti, dengan adanya robot pekerjaan bisa jadi lebih ringan. Tapi bukan berarti bikin kita jadi pemalas lho. Justru harus jadi pemicu diri kita supaya lebih maju dalam menuntut ilmu. Okay! [eftur]

—–////

Box

ASIMO BIKIN HEBOH

Honda bukan cuma raja motor aja. Perusahaan dari Jepang ini juga udah bisa bikin robot. Salah satu robot buatannya di beri nama Asimo. Simak aja sekilas About Asimo berikut ini.

Proyek pembuatan robot ini dimulai pada tahun 1986. Tahun 1996, jadilah robot pertama yang diberi kede model P2. Tahun berikutnya, model P3 mulai dipertontonkan. Asimo bentuknya mirip seperti manusia. Punya kepala, tangan, dan kaki. Dia juga bisa berjalan layaknya manusia. Keistimewaan dari Asimo adalah : Proporsional, Punya teknologi untuk berjalan, Pengoperasian yang mudah, Lengannya bisa bergerak bebas, dan dibikin familiar dengan manusia.

Spesifikasi Asimo :

Berat: 43kg
Tinggi: 1,200mm
Diameter: 440mm Width 450mm
Kecepatan Berjalan: 0 – 1.6km/h
Baterei: 38.4V/10AH (Ni-MN)

Operasi : Work Station & Decelaration Sensor

Proses arah putar:

Kepala: 2 derajat

Lengan: 5 x 2 = 10 derajat
Tangan: 1 x 2 = 2 derajat
Kaki : 6 x 2 = 12 derajat
TOTAL: 26 derajat

2 thoughts on “Menciptakan Pembantu Bernama Robot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s