Mengenal Lebih dekat Ibnu Khaldun

Dunia mengenalnya sebagai seorang ilmuwan muslim yang gape dalam bidang sosiologi dan ilmu sejarah. Nama lengkapnya Abu Said Abd Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al-Hadrami al-Ishbili. Panjang euy!

Beliau lahir di Tunisia pada tanggal 27 Mei 1332. Kegigihannya dalam menuntut ilmu melambungkan namanya sebagai seorang ilmuwan besar dan politisi kawakan. Nggak heran dong kalo pada usia belasan beliau pernah berdinas di pemerintahan Mesir. Pernah juga diangkat jadi Hakim Agung di Malakite-Mesir dan terakhir jadi dosen Al-Azhar University.

Ibnu Khaldun populer berkat sebuah buku master piece-nya. Buku berjudul “Muqaddimah” (Pendahulan) ini merupakan sebuah karya besar literatur mengenai filsafat, sejarah, dan sosiologi. Di dalamnya, beliau menggambarkan tanda-tanda kemunduran Islam dan jatuh bangunnya kekhalifahan melalui pengalamannya selama mengembara ke Andalusia dan Afrika utara. Dan akhirnya beliau berpulang ke rahmatullah pada tanggal 17 Maret 1406 di Kairo-Mesir.

Menelusuri jejak Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun lahir di salah satu rumah pada lorong kecil di kawasan Souq (kawasan pasar lama), ibu kota Tunis. “Saya tidak tahu persis di rumah yang mana Ibnu Khaldun dilahirkan. Namun, yang pasti di salah satu rumah di sepanjang lorong ini dia dilahirkan,” ungkap Direktur Kajian Khazanah pada Institut Nasional Tunisia, Ben Baaziz Sadok.

Di pojok lorong kecil itu terdapat bangunan sederhana, tempat Ibnu Khaldun pada masa kecil belajar mengaji al-Quran dan ilmu-ilmu agama. Bangunan tersebut kini dijadikan masjid, yang di depannya tertera tulisan, “Pusat al-Quran Ibnu Khaldun”.

Rakyat dan Pemerintah Tunisia bangga dengan kebesaran nama Ibnu Khaldun. Sehingga di pusat kota Tunis dibangun sebuah patung Ibnu Khaldun yang gagah perkasa. So, kalo kamu sempet mimpi melancong ke Tunisia, jangan lewatkan untuk melihat dari dekat patung ini. Jangan lupa baca doa dulu sebelum tidur. Biar selamat sampai tujuan. Emangnya naek angkot? [hafidz disarikan dari berbagai sumber]

One thought on “Mengenal Lebih dekat Ibnu Khaldun

  1. Udah baca belom, kitab berjudul “Muqaddimah” itu? Soalnya, saya ucah baca, tapi nggak ngerti di mana letak bagusnya isi buku itu. Atau emang gw yang terlalu goblok kali yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s