Pengaturan File dan Folder

Pernah ngalamin bingung mencari file word yang udah kalian ketik minggu kemaren? Nah makanya sekarang kita coba telusuri gimana sih cari pangaturan file dan folder yang baik dan benar.

Pada jaman DOS dulu kita nggak bisa sembarang namain file atau folder, ada aturan yang ketat, yaitu harus berupa maksimal 8 huruf, lalu titik, dan 3 lagi huruf; dan nggak boleh pake spasi. Pada jaman Windows sekarang ini bahkan penamaan file dan folder bisa sangat panjang hingga 215 karakter dan bisa menyertakan spasi. Tapi jangan keenakkan, coba deh kalo namain file atau folder jangan lebih dari 20-30 karakter. Nama yang pendek gimana juga pasti lebih mudah diingat dan digunakan, dan ada juga beberapa program yang bermasalah dengan nama yang panjang.

Nama file biasanya diakhiri dengan 3 huruf, ini disebut juga ekstensi. Pada umumnya program yang kita gunakan pada Windows akan menambahkan sendiri ekstensi ini. Komputer kita bisa diset untuk menampakkan ekstensi ini (normalnya tidak). Satu aturan penting dalam penamaan dalam Windows ialah tidak bisa menggunakan: \ / : * ? ” < > |

Oya, gimana nih cara pengaturannya? Pertama kita buat sistem pengaturan dengan membuat folder untuk menyimpan file dan dokumen kita. Nah kita sendiri yang harus ngerencanain gimana cara pengaturannya, karena file dan dokumen yang dimiliki tiap orang berbeda, sehingga cara pengaturannya tentu berbeda. Misalnya bisa kita bagi berdasarkan jenis pekerjaan, seperti ‘rumah’, ‘kantor’, keuangan’, dll. Atau bisa kita bafi berdasarkan jenis filenya, ‘lagu’, film’, gambar’, ‘dokumen’, skripsi’, dll. Gitu…..

Mengakses harddisk

Untuk mengakses hardisk pada Windows tinggal klik dua kali icon My Computer, trus klil C: (mungkin bisa bernama lain seperti Local Disk C:). Kita bisa lihat bahwa didalamnya terdiri dari beberapa folder. Untuk membuat folder baru klik ‘File’ dimenu yang paling atas, trus pilih ‘New’ lalu ‘Folder’. Nah folder baru terbentuk dengan nama ‘New Folder’ yang terblok, tinggal kita tuliskan nama yang kita inginkan lalu tekan enter. Kalo masih nggak bisa coba klik kanan folder yang masih bernama ‘New Folder’ lalu pilih ‘Rename’.

Mengisi Folder

Folder bisa kita isi dengan folder lain. Jika kita membuat folder bernama Lagu, didalamnya bisa kita taruh folder bernama Pop, Rock , Alternative, dll. Untuk membuat folder di dalam folder kita buka dulu folder yang didalamnya ingin kita buat folder lalu tinggal ikuti langkah diatas.

Memindahkan Folder

Kita bisa memindahkan folder dengan men-drag (klik, tahan trus kita tarik) ke tempat lain. Misalnya kita ingin memindahkan folder Lagu yang sudah kita buat ketempat lain, tinggal drag ketempat yang dituju trus lepas klik-nya (khan tadi di klik trus tahan).

Setiap kita mengunakan program, lalu ingin menyimpan hasilnya biasanya kotak dialog ‘save’ akan selalu menuju ke folder yang sama. Dalam Program Office (Word, Excel, Power Point,dsb) biasanya akan selalu menuju ke folder My Document. Ini merupakan contoh dari sebuah pengaturan file. Seting ini bisa kita ubah dengan mengganti default folder yang ini biasanya terletak pada menu Tools > Option.[andi]

One thought on “Pengaturan File dan Folder

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s