Tentang Alergi dan Tumor

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Ada 2 hal yang ingin saya tanyakan di TB-se ini:

  1. Sudah 1 tahunan lebih saya alergi dengan udara dingin, bau yang menyengat dan juga bentol-bentol di badan (biduran). Saya sudah sering berobat ke dokter, tapi begitu obat habis, kambuh lagi. Bagaimana mengatasi alergi ini, dan adakah makanan yang harus dipantang?
  2. Sejak remaja terasa ada benjolan di payudara, tidak ada rasa sakit, hanya kadang badan pegel karenanya. Sekitar 6 bln yang lalau saya berobat ke dokter dan dikatakan kalau benjolan itu adalah tumor. Saya ingin sembuh, tapi tidak mau dioperasi. Saya sudah pernah berobat alternatif, dan tampaknya ada perubahan, tapi sekarang kambuh lagi. Ada nggak pengobatan alternatif yang tidak melanggar syar’i untuk penyakit saya ini?

Demikian mbak pertanyaan saya. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Rh, Yogya

 

Wa’alaikumussalam, wr. wb.

Adik Rh di Yogya, Mbak akan mencoba menjawab pertanyaan adik.

  1. Apa yang adik alami adalah gambaran dari adanya alergi pada diri adik. Memang demikian keadaan alergi, “susah sembuhnya”, tapi bisa dikendalikan bila kita tahu faktor-faktor pemicunya. Oleh karena itu, yang perlu diketahui adalah hal-hal atau kondisi apa (termasuk makanan) yang memicu timbulnya reaksi alergi tadi. Coba adik perhatikan dengan seksama faktor-faktor tsb. Selanjutnya cobalah untuk menghindarinya atau mensiasatinya, misalnya hindari udara dingin dengan memakai baju hangat, atau memakai minyak kayu putih, hindari debu dengan memakai masker atau penutup mulut dan hidung, termasuk pantang makanan tertentu yang bisa menjadai biang keladi timbulnya gejala alergi tersebut seperti sumber protein hewani (yang bisa jadi tidak selalu sama pada tiap orang). Adik harus disiplin untuk mencegah terjadinya kontak dengan faktor pemicu tadi. Dan juga harus sabar, karena reaksi alergi ini susah untuk dihilangkan. Obat-obatan memang kadang diperlukan, tapi bila tidak diikuti dengan pengendalian atas faktor pemicu, tidak akan ada gunanya. Jadi yang utama kenali pemicunya dan hindari semaksimal mungkin.
  2. Dalam dunia kesehatan, semua benjolan diberi nama sebagai tumor, yang dibedakan menjadi jinak dan ganas. Yang jinak biasanya tidak ada rasa sakit, dan pertumbuhannya tidak cepat, sehingga tidak mengharuskan tindakan operasi secepatnya, meskipun juga dianjurkan. Kondisi sebaliknya berlaku untuk tumor ganas. Dari sudut medis satu-satunya tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan tumor adalah operasi. Sedangkan dalam dunia pengobatan alternatif, ada banyak cara, yang terus terang saya bukan ahlinya. Sebagai seorang muslim, tentu kita harus mencari pengobatan yang dibenarkan oleh syar’i, yang tidak menjatuhkan kita kepada syirik ataupun tidak menggunakan bantuan jin. Mungkin akan lebih pas bila adik tanyakan kepada ahlinya.

Demikian dik Rh jawaban mbak. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s