Ngintip Dapur OS Windows

Sistem operasi udah nyantol berat sama komputer. Ibarat kopi sama gula, sepertinya komputer belum lengkap tanpa OS. So, kali ini kita mau bahas OS sejuta user. Windows.

Betah nongkrong depan komputer? Iya sih. Abis asik kalo udah pake komputer. Apalagi yang model baru, selain makin bagus, lebih kebut cing! Bisa lupa diri deh.  Sobat, sebenarnya yang bikin enak waktu kita ngegunain komputer bukan karena monitornya yang gede atau mousenya yang lucu. Tapi karena ada sistem operasi yang berjalan dalam mesin komputer (CPU). Sistem operasi yang biasa disebut OS ibarat manajer. Kerjaannya ngatur dan ngendaliin komputer. Banyak lho, jenis OS yang udah diciptain oleh para maniak komputer. Ada DOS, Linux, Unix, Mac OS, dan Windows. Nah, sekarang kita mau coba bahas OS Windows yang udah jadi tren buat kalangan user dalam menggunakan komputer. Buat yang belum tahu, kayaknya seru deh baca yang satu ini.

Lahirnya Windows

Windows, nama yang cukup unik. Diambil namanya karena penampilan OS ini menggunakan jendela-jendela dalam setiap aplikasinya. Windows diciptakan oleh perusahaan Microsoft yang dipimpin si genius Bill Gates. Pertama kali muncul, pada tahun 1980 dengan nama Windows ver 3.1. Sebelumnya Microsoft udah juga bikin OS bernama MS Dos.

Cuma sayangnya sistem operasi ini tampilannya masih analog. Pada OS Windows, tampilannya udah GUI (Graphical User Interface). Cukup lama Windows v 3.1 bertahan sampe Microsoft meluncurkan Windows 95. Dari sini, transformasi Windows cepat berubah. Dua tahun berikutnya berturut-turut Microsoft mengorbitkan Windows 98, Windows 2000, dan Windows XP. Tentunya perubahan versi ini seiring dengan semakin canggihnya hardware. Setiap Windows versi baru tentunya memberikan fasilitas tambahan yang bikin user lebih simple dan mudah menggunakan OS ini.

Surfing di Windows

Menjelajah emang paling asyik. Soalnya kamu bakalan nemuin banyak pengalaman di sana. Begitu juga kalo kamu surfing di Windows, bikin kamu jadi lebih banyak tahu isi dapur OS tersebut. Kamu bisa membuka Windows Explorer yang emang udah disediain Microsoft di dalam OS Windows.

Dari situ kamu bisa melihat semua isi folder dan file yang ada di dalam komputer kamu. Kalo jamannya versi 3.1, kamu bisa surfing lewat file manager. But, versi 95 sampai XP lebih dimudahkan dengan adanya Windows Explorer tadi.

Kalo kamu punya cita-cita pingin jadi programer, kamu bisa ngutak-ngatik bagian registry windows (file regedit). Emang agak sulit mainin registry buat yang baru belajar. Tapi kalo udah ahli, pasti bakalan lihai deh ngubah konfigurasi Windows. Oya, registry juga merupakan database lengkap yang digunakan OS Windows. File-nya emang diumpetin supaya nggak ada yang iseng. Tapi akhirnya ketahuan juga sama para hacker. Makanya Windows mudah sekali di-hack, sebab ‘jantungnya’ udah ketahuan tuih sama para hacker.

Konfigurasi Windows

Secara umum kamu bisa mengubah konfigurasi Windows. Kamu bisa ngubah background display komputer kamu, warna bar komputer kamu, memasang screensaver, dan lain-lain. Kamu bisa mengubahnya lewat menu display yang tersimpan di jendela control panel. Menu ini sebenarnya menyediakan fasilitas pengubah konfigurasi Windows. Semakin baru versi Windows-nya, semakin bertambah juga konfigurasi di control panel. Dari jendela ini kamu bisa menghapus software secara otomatis, kamu juga bisa memasang printer, bisa mengatur LAN, dan masih banyak lagi. Ayo, silakan surfing lagi.

Data konfigurasi yang kamu rubah semuanya disimpan dalam file dengan akhiran “.ini”. “System.ini” dan “win.ini”. Cuma sayangnya file tersebut terbatas ukurannya. Padahal setiap program yang di-install di Windows membutuhkan file “.ini” buat konfigurasi sistemnya. Oleh karena itu, Windows mengakalinya dengan membuat file “.ini” terpisah buat setiap program yang di-install, yang selanjutnya dibuat link-nya ke file “system.ini” dan “win.ini”.

Ups, hati-hati, kalo kedua file “.ini” penuh, bisa bikin Windows kamu lelet bin belet. Sayangnya setiap program yang kamu uninstall (dibuang) nggak sekaligus menghapus link-nya. Makanya kudu manual menghapusnya. Agak repot memang.

Untung-rugi pake Windows

Enaknya ngegunain Windows karena emang udah familiar sama kita. Abis di setiap tempat; di kantor, di rental, di rumah, semuanya kebanyakan pada pake OS Windows. Jadinya kan nggak susah kalo harus pindah komputer dengan OS yang sama. Ngak perlu belajar lagi gitu. Sayangnya itu tadi, kalo udah lama digunakan, Wndows semakin lelet.

Dan yang paling menyebalkan adalah Windows gampang terinfeksi virus. Apalagi kalo udah nyambung ke internet, wah… wah… komputer kita bisa jadi sarang virus sama spyware. Gimana ngatasinnya? Tentu kamu bisa pasang antivirus, antispyware, firewall, kalo perlu gembok baja kamu pasang. He…he…he… (ups just kidding ini mah)

So, masih banyak sih dapur Windows yang belum disajikan di sini. Kamu bisa cari di internet atau buku-buku lain supaya lebih tau banyak isi dapur Windows. Buat yang hobi komputer, kayaknya nggak bakalan nyesel deh. Gimana? [eftur]

//

Box

Fungsionaris Windows

Kalo kamu baru nginstall komputer, tentunya kamu belom bisa menikmati Windows secara lengkap. Karena emang ada beberapa program pendukung yang harus kamu install secara terpisah. Berikut ini program-program yang sering banyak digunain para user:

–         Microsoft Office

Office adalah program paket yang dikeluarkan microsoft sebagai tambahan aplikasi windows. Terdiri dari Ms Word, Ms Excell, Power Point, sama Acces. Untuk versi 2000 ditambah dengan Frontpage, sedangkan versi 2003 ada tambahan Ms Publisher. Fungsinya biasanya berkaitan dengan tugas sekolah atau kantor.

–         Windows Media Player

Sebenernya program ini udah paket di windows. Tapi, microsoft membuat versi pisahnya yang tentunya lebih unggul dari versi paketnya. Untuk Windows 95 dan 98 belum bisa memutar Mp3, sedang ver 2000 dan XP sudah bisa.

–         Microsoft Outlook

Satu paket dengan office, cuma fungsinya untuk pengeloaan e-mail. Digunakan ketika komputer kamu nyambung dengan internet.

–         Soundcard & VGA

Kalo kamu pengen bisa dengerin musik atau nonton film, kamu kudu install dulu Soundcard buat mengaktifkan suara di komputer kamu, dan VGA buat menghasilkan gambar yang bagus di layar monitor kamu. Kalo kamu pake XP, biasanya secara otomatis langsung ke install. Soalnya XP punya database yang banyak buat Soundcard dan VGA.

Masih banyak lagi fungsionaris buat windows. Lebih lengkapnya, mending kamu langsung praktek aja dan langsung lihat apa aja isi dari OS windows buatan microsoft. Oke. [eftur]

2 thoughts on “Ngintip Dapur OS Windows

  1. Dear…..

    aq mo nanya nih,
    komputer aq kan aga eror,ketika di install program anti virus,error terus.aq coba pake avira dia tetep ga mau,coba pake avg jg ga mau,bagaimana solusinya??
    trus,aq kan mau menginstall program bahasa pemrograman pascal,tetep ga bisa,apa salah satu program windowsku ada yang hilang yah??
    program yang fatal(pendukung windows) apa saja??rinciin dong???

    Terimakasih………..
    Sukeci

  2. oi sukeci….mungkin banyak virusnya pc-u … … … …,kalo udah banyak virus..ya..mau-gak mau harus di install ulang Pc-nya….TT_TT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s