Google meyingkap rahasia Desktop Search

Pada Awal Oktober ini Google mengeluarkan generasi pertama dari aplikasi desktop-nya. Aplikasi ini ditujukan untuk mencari file-file pribadi dan internet history yang tersimpan di komputer kita sendiri, sebuah langkah yang dapat mengguncangkan dasar-dasar pencarian di internet dan tentunya juga semakin tidak terjaganya keamanan data-data kita.

Google merupakan sebuah perusahaan yang berpusat di The Mountain View, California, yang belum lama terdaftar sebagai sebuah P.T. ini telah menciptakan sebuah aplikasi baru yang bernama Google Desktop Search, yang merupakan sebuah mesin pencari berukuran kecil yang memungkinkan orang untuk mencari e-mail, dokumen, chat logs, serta history dari site yang telah kita kunjungi hanya dengan menggunakan web browser, seperti IE, Netscape, Opera, dll.

Memang masih ada kendala dari segi keamanan dan privasi pengguna (tapi kalau yang tidak terhubung ke internet dijamin aman). Google menjanjikan tidak akan mengakses informasi pribadi yang tersimpan dikomputer pengguna. Google memulai proyek mesin pencari pribadi ini pada bulan Oktober, yang diprakarsai sebuah tim yang terdiri dari 12 orang dan dipimpin oleh seorang ilmuwan kawakan bernama Steve Lawrence, mantan peneliti di NEC Research Institute.

Terbayangkah dimana kita bisa mencari file di komputer kita sendiri (yang biasanya berantakan) semudah mencari dengan Google? Nah beta version (versi percobaan) dari mesin pencari ini sudah tersedia. Silahkan mencoba. [andi]

3 thoughts on “Google meyingkap rahasia Desktop Search

  1. wah ada gawatnya nih,data kita bisa dengan mudah diaduk-aduk orang jika
    fakfor keamanannya bisa ditembus oleh hacker,harus reserh lagi to
    para peneliti google

  2. aku dah nyoba. ga begitu berbahaya kok. Cz ga semua e-mail, dokumen, chat logs, serta history dari site yang telah kita kunjungi bisa di temukan Google Desktop Search. bisa di bilang aplikasi ini ga berguna, search yang sdh ada malah lbh baik, ga perlu pake Google Desktop Search klo mo cari dokumen yang ada di PC kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s