Mengenal Lebih Dekat PMS

Mau kenalan dengan anggota club istimewa ini? Boleh saja, bahkan harus kenal. Tapi janji jangan pingin jadi anggota club ini atau simpatisannya ya. Namanya cantik dan unik, tapi bahayanya tidak secantik namanya. Jadi harap waspada jangan ampe ketularan Penyakit Menular Seksual ini. Berikut beberapa di antaranya:

Gonorhe alias GO

Gonorhe atau GO yang dalam istilah awam dikenal sebagai kencing nanah, disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae. Nama ‘cantik’ ini ternyata membawa akibat yang menyeramkan bagi yang terinfeksi. Masa inkubasi  sekitar 2-8 hari, maksudnya gejala-gejala infeksi akan muncul sekitar 2-8 hari setelah terinfeksi atau kontak dengan penderita GO. Bila menyerang laki-laki, gejala utamanya adalah kencing bernanah disamping rasa sakit dan perih ketika buang air kecil. Penyakit ini bisa berlanjut menjadi prostatitis (radang pada prostat) atau epididimidis.

Sementara itu pada wanita menyebabkan keputihan, nyeri ketika buang air kencing dan juga sering kencing, namun 60-80% asimtomatik alias tidak bergejala (Wah, ngeri juga nih, dikira sehat-sehat aja ternyata penderita GO). Penyakit ini bisa berkembang untuk kemudian menginfeksi kelenjar Bartholini, rahim ataupun menyebabkan infeksi pada organ di rongga panggul. Bila mengenai saluran tuba sering menyebabkan terjadianya penutupan tuba, sehingga sel telur yang matang tidak bisa sampai ke rahim. Keadaan ini dapat mengakibatkan terjadinya infertilitas. Bahkan bila seorang wanita yang terserang GO ini melahirkan, bisa mengakibatkan terjadinya radang pada mata bayi yang dilahirkannya, yang bisa mengakibatkan rusaknya organ penglihatan pada si bayi, yang mengakibatkan kebutaan.

Herpes genitalis

Penyebab penyakit ini adalah virus herpes tipe 2. Gejala akan muncul setelah 3-7 hari kontak dengan penderita penyakit ini, berupa demam, lemah, nyeri daerah genital, nyeri ketika buang air kecil, keputihan dan kadang terjadi perdarahan pervaginam pada wanita. Penyakit ini ditandai dengan terbentuknya bintil kecil yang berisi air, jumlahmya banyak, kemerahan, dan disertai rasa sakit dan panas. Bila seorang wanita hamil terinfeksi penyakit ini, bisa menyebabkan terjadianya keguguran spontan, atau bayi dilahirkan dalam keadaan mati. Bisa juga menyebabkan kematian pada bayi dalam usia kurang dari 1 bulan. Penyakit ini bisa disembuhkan secara klinis, tetapi virus akan tetap berada di sana, sehingga memungkinkan terjadinya infeksi ulangan. Bahkan ada kemungkinan virus ini berperan dalam tumbuhnya kanker pada mulut rahim (karsinoma cervix uteri). Seorang wanita yang menderita penyakit herpes secara berulang, dianjurkan untuk melahirkan dengan operasi caesar, untuk menghindari terjadinya infeksi pada bayi yang baru dilahirkan tadi.

Sifilis

Sifilis atau yang dikenal dengan penyakit Raja Singa ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini bisa melewati plasenta, sehingga seorang ibu yang menderita sisifilis stadium I atau II, bisa melahirkan bayi mati, sedangkan bila ibu menderita sifilis stadium lanjut bisa melahirkan anak dengan sifilis kongenital.

Kuman ini dapat melalui selaput lendir yang normal atau luka pada kulit. Sepuluh sampai 90 hari setelah kuman masuk ke dalam tubuh, akan timbul luka primer (chancre atau ulkus durum), yang nampak sekitar 1-5 minggu untuk kemudian sembuh secara spontan. Chancre ini seperti tonjolan kulit atau luka yang agak dalam tapi tidak sakit. Tapi jangan seneng dulu, karena ini baru tahap pertama, kuman bukannya mati tetapi dia justru masuk ke peredaran darah, yang akan menimbulkan gejala sekunder. Tanda yang nampak adalah adanya kelainan di kulit yang juga dapat sembuh spontan dalam 2-6 minggu.  Lalu muncullah pada daerah anogenital (sekitar anus dan genital), kulit kepala atau muka, juga pada mulut sesuatu yang disebut kondilomata lata.  Penampakan kelainannya adalah berupa tonjolan, agak bundar, pinggirnya basah dan tertutup getah berwarna kelabu.  Biasanya juga terjadi pembesaran kelenjar limfe.

Seorang wanita hamil yang menderita sifilis tanpa pengobatan yang memadai, bisa mengalami keguguran, atau melahirkan sebelum waktunya (prematur) dengan bayi meninggal, atau dengan tanda-tanda sifilis.

AIDS

AIDS atau Acquired Immuno Defficiency Syndrome adalah anggota terbaru dari PMS. Penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus ini merupakan penyakit yang belum ada obatnya.  Jika virus HIV ini masuk ke dalam tubuh maka akan terinfeksi HIV dan 50% dari penderita yang terinfeksi HIV tersebut akan berkembang menjadi AIDS dalam 5 tahun. Seorang penderita dicurigai terkena AIDS bila terjadi penurunan daya tahan tubuh yang ditandai dengan sering sakit, atau terkena penyakit ringan tetapi tidak segera sembuh, terjadi penurunan berat badan secara terus menerus, terdapat bercak merah kecoklatan di seluruh tubuh atau terjadi pembesaran kelenjar getah bening yang menetap. Selain melalui hubungan seksual, penyakit ini bisa menular melalui penggunaan jarum suntik bersama-sama, transfusi darah atau kuman masuk melalui luka yang ada di tubuh. Seorang wanita hamil yang terkena AIDS akan melahirkan bayi yang terinfeksi AIDS juga. Hiiy syerem abis!

Nah, sobat muda, jelas sekarang bagi kalian bagaimana sepak terjang penyakit-penyakit khusus ini. Ternyata komplikasi atau gangguan ikutannya mengerikan juga. Orang yang tidak bersalah dapat tertular, bahkan bayi pun dapat terkena dan akibatnya sungguh sangat menyedihkan. Yakin deh nggak ada yang ingin ngalami sendiri, apalagi jadi sumber penularan bagi orang lain, lebih-lebih orang yang kita sayangi. Dosanya berlipat-lipat, dosa karena menyengsarakan diri sendiri, dosa membuat orang lain menderita, dan yang paling jelas adalah dosa melanggar aturan Allah. So, mari jaga pergaulan, jangan ikuti ajakan-ajakan sesat, nikmat sesaat berbuah sengsara dunia akhirat. Rugi bener.

Jangan pula percaya dengan kampanye penggunaan kondom untuk mencegah penyakit itu.  Penelitian membuktikan bahwa kondom tidak efektif mencegah penularan penyakit kelamin tadi.  Dan yang sudah pasti perbuatan sesat itu dilaknat Allah Swt. yang jelas kita rugi dunia-akhirat. Jadi pilih selamat, dengan ikuti syariat, jaga pandangan, jaga pergaulan, jaga hati. OK deh.[arum]

One thought on “Mengenal Lebih Dekat PMS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s