Menggunakan Search engine

Jaman dulu kalo kita mencari informasi tentang sesuatu pasti kita pergi ke perpustakaan, di sana kita bakalan dapet banyak informasi dari buku-buku yang ada. Untuk memudahkan kita dalam nyari biasanya kita akan diberikan katalog buku. Tapi jaman sekarang ini kayaknya udah gak ada yang mencari informasi dengan caru begitu. Karena sekarang hampir semua buku dan informasi ada di Internet, dan kita nggak perlu lagi katalog yang nyusahin. Nah dalam dunia Internet, supaya kita bisa mencari sesuatu dengan gampang maka kita harus dapat ngegunain apa yang namanya search engine.

Search engine memang merupakan sebuah program pencari yang membuat kita dapat mencari dokumen (dengan kita bahkan dapat mencari apapun) di Internet. Pengguna tinggal memasukkan kata kunci (key word) tertentu, dan sekejap kemudia search engine akan menampilkan berbagai dokumen yang terdapat didalamnya kata kunci tersebut. Karena bergitu banyaknya dokumen di Internet maka kita harus memperlajari beberapa tips untuk memudahkan kita mendapatkan apa yang kita cari.

Satu Search engine

Supaya gampang maka gunain hanya satu search engine, dan biasakan !, karena setiap search engine nggegunain cara dan aturan percarian yang berbeda. Dengan menggunakan browser yang sama kita dapat menggunakan macam-macam search engine, tapi yang begini tuh gak efektif dan bikin bingung, makanya pake hanya satu search engine. Search engine yang jadi favorite banyak orang sekarang ini ialah Google yang bisa kita akses di www.google.com, pasti pada apal donk. Yang berdasarkan pengalaman banyak orang dan kita sendiri di SobatMuda memang ini yang paling efektif untuk nemuin sesuatu. Nah agar bisa lebih gampang ada tips-tips yang kita berikan untuk kalian agar bisa dengan mudah mendapatkan apa yang kalian cari.

Kata Kunci

Ini merupakan hal yang paling berpengaruh dalam apa yang bakalan kita dapet dari search engine. Misal kita mau mencari informasi tentang film Jaws, maka kita masukkan kata kunci jaws, lalu kita akan diberikan banyak link tentang jaws, baik film tersebut, dan juga tentang hiu, Organisasi Jurnalisme Wanita, dan lainnya. Untuk mempersempit hasilnya maka seharusnya kita masukkan jaws movie. Ini tentu hanya akan memberikan hasil berupa situs yang berhubungan dengan jaws dan movie. Google biasanya mengabaikan kata tambahan seperti “of,” “for,” “a,” dan “the.” Jadi kalaupun kita masukkan kata kunci jaws the movie hasilnya akan tetap sama. Huruf kapital atau bukan nggak ada pengaruhnya pada Google, semua dianggap sama.

Tanda Kutip

Pake tanda kutip untuk mencari kalimat spesifik ato nama. Ini akan membuat Google mencarinya sebagai sebuah frasa, dan kita akan mendapatkan hasil situs-situs yang terdapat didalamnya frasa/kalimat seperti yang telah kita masukkan.

Persempit Pencarian

Kita bisa mempersempit hasil pencarian kita dengan menambah kata kunci atau frasa. Ketika kita memasukkan sebuah kata maka Google akan mencari semua situs yang terdapat di dalamnya kata yang kita masukkan, untuk mempersempit tinggal tambah kata yang kita gunakan sebagai kata kunci. Misal, kata George akan menghasilkan 21.200.000 link. Jika kita tambahkan menjadi George Washington maka hasilnya akan berkurang hingga hanya 2.320.000 link. Jika kita tambahkan lagi menjadi George Washington Carver maka hasilnya tinggal 88.400 link. Nah kalo kita praktekkan tips sebelumnya dan mencari menggunakan kata kunci “George Washington Carver” maka kita telah mempersempit pencarian kita hingga 28.700 link saja. Masih cukup banyak kan? Kita masih bisa mempersempit dengan menambahkan lagi kata kuncinya hingga lebih spesifik, misal “George Washington Carver” tanggal lahir maka insyaAllah kita akan mndapatkan apa yang kita cari.

Tanda Minus

Gunakan tanda ini untuk menyingkirkan kata. Kalo kita memerlukan hasil yang spesifik tetapi tidak ke arah sebuah kata maka kita bisa menggunakan tanda ini. Misal, kita mencari informasi tentang Washington, tetapi kita tidak menginginkan hasil yang berhubungan dengan George Washington, maka kita bisa memasukkan kata kuncinya Washington -Greorge. Bila kita masukkan George -Washington maka kita akan mendapatkan hasil tentang George yang bukan Washington. Ingat gunakan spasi sebelum tanda minus, bukan Washington-George, tapi Washington(spasi) -George.

Yah semua ini baru permulaan, untuk menjadi orang yang gape dalam ngegunain search engine maka coba baca instruksi dari mereka dan coba praktekkan. Semakin sering kita mencoba hal baru dalam ngegunain search engine InsyaAllah kita akan semakin lihay. Selamat mencoba……[andi]

2 thoughts on “Menggunakan Search engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s